Jenis jenis Durian Unggul Cepat Berbuah

Saungtani.com – jenis durian yang cepat berbuah – Sahabat saungtani, bagi anda para pecinta durian dan ingin menanam durian di rumah pasti pernah bertanya-tanya durian apa ya yang cepat berbuah. Karena Indonesia sebagai surganya tanaman terdapat puluhan jenis durian, baik yang lokal maupun yang berasal dari luar negeri.

ayobudidaya.com

Jenis Durian Unggul Yang Cepat Berbuah

Mengutip dari agrinusamandiri.com, pada artikel kali ini kami telah merangkum berbagai jenis durian unggul yang cepat berbuah.

Durian Kumbokarno

Sekilas durian kumbokarno mirip dengan durian montong, namun durian ini adalah asli durian lokal yang berasal dari Magelang, tepatnya desa Candi mulyo.

Durian kumbokarno merupakan jenis durian unggul karena dapat tumbuh di dataran tinggi maupun rendah serta mampu tumbub pada cuaca dingin maupun panas.

Keunggulan lain dari durian kumbokarno adalah buahnya yang dapat mencapai berat 3 – 4,7 kg. Hampir dua kali lipat dari berat durian bawor yang mencapai berat 2,5 kg.

Durian kumbokarno tergolong durian yang cepat berbuah sekitar 3-5 tahun tergantung perawatan. Durian kumbokarno memiliki rasa yang manis, legit, dan tidak pahit serta memiliki daging yang tebal dengan warna kuning agak kunyit dan tidak pucat sama sekali.

Durian Sitokong

Dibanding durian jenis lainnya durian sitokong merupakan jenis durian yang paling mudah dibudidayakan. Durian ini tidak memerlukan perawatan khusus dan memiliki kemampuan adaptasi yang sangat baik.

Durian sitokong memiliki aroma buah yang kuat sehingga sangat cocok digunakan untuk aneka olahan makanan seperti dodol, kue, es krim, dan lain lain.

Durian Orange

Durian yang berasal dari Kalimantan ini pernah dinobatkan sebagai durian unggul terbaik pada tahun 1995. Karena memiliki buah berwarna keemasan dengan rasa yang sangat nikmat namun aromanya tidak menyengat seperti durian yang lain.

Durian Musangking

Durian Musangking merupakan durian unggul yang berasal dari Malaysia. Durian musangking memiliki rasa yang nikmat, manis, legit dan sedikit pahit. Warna buah durian musangking orange mirip kunyit sehingga sebagian masyarakat menyebutnya durian kunyit.

Keunggulan lain dari durian musangking adalah daging buahnya yang tebal dengan biji buah pipih atau kempes.

Buah durian ini mudah matang meski belum terlalu tua dan buahnya dapat matang dengan sempurna dengan cara diperam sekitar 2-4 hari.

Selain memiliki berbagai keunggulan, durian musangking ternyata memiliki kelemahan yaitu ukuran buahnya yang tidak terlalu besar dengan berat rata-rata 2-3 kg dengan diameter 20 cm. Selain itu, harga durian musangking juga masih tergolong mahal.

Durian Bawor

Durian bawor merupakan jenis durian lokal yang berasal dari daerah Banyumas. Durian bawor tergolong durian lokal unggul karena memiliki ukuran, rasa, dan ketebalan buah yang sebanding dengan durian montong. Namun dibanding montong, durian bawor lebih mudah matang.

Meskipun memiliki berbagai keunggulan, durian bawor memiliki tingkat ketahanan yang rendah terhadap serangan hama dan penyakit.

Durian Montong

Durian montong sebenarnya adalah durian asli Indonesia, namun lebih polpuler di Thailand. Nama asli dari durian ini adalah durian otong.

Durian montong memiliki ukuran buah yang sangat besar dengan berat antar 6-10kg. Daging buahnya juga lebih tebal dibanding jenis durian lain dengan rasa dominan manis.

Kekurangan dari durian ini adalah matangnya yang sedikit lebih lama, dan jumlah buahnya lebih sedikit dibanding jenis lain.

Durian Petruk

Durian petruk merupakan durian lokal yang berasal dari Jepara. Durian petruk sangat bagus jika dibudidayakan di dataran rendah.

Durian petruk memiliki rasa buah yang lezat, manis, legit, dan sedikit pahit dengan daging buah yang tebal.

Durian petruk memiliki produkitifitasnya buah yang tinggi namun durian petruk memiliki daya tahan yang rendah terhadap serangan hama dan poenyakit.

Durian Merah Banyuwangi

Durian yang berasal dari daerah Banyuwangi ini terbilang durian langka karena keberadaaanya yang masih sedikit di Indonesia.

Durian merah memiliki keunikan yaitu daging buahnya berwarna merah pekat dengan daging buah yang tebal.

Untuk ukuran buahnya sendiri tidak terlalu besar dan harganya masih relatif mahal dan banyak beredar bibit durian merah yang tidak asli.

Durian Pelangi

Selain durian merah, durian unik berikutnya adalah durian pelangi. Durian yang berasal dari Manokwari ini memiliki daging buah dengan gradasi warna putih, kuning, dan merah. Selain warnanya yang unik keunggulan dari durian ini adalah rasa buahnya lezat, ukuran buahnya yang lumayan besar, dan dagingnya yang cukup tebal.

Itulah Jenis jenis Durian Unggul Cepat Berbuah yang bisa anda pilih untuk ditanam dirumah. Semoga artikel ini bermanfaat.