Cara dan Tips Memilih Durian Yang Bagus dan Manis

Saungtani.com – Cara Memilih Durian – Bulan Januari hingga Februari adalah musim durian. Bagi pecinta durian, tentu tak akan melewatkan musim durian ini. Meskipun harga durian terbilang cukup mahal.

Ini Dia Cara Memilih Durian Yang Bagus Agar Tidak Kecewa

Mungkin kamu pernah membeli durian dan membayangkan dagingnya yang tebal dan rasanya yang manis dan legit. Tapi begitu dibuka…. ternyata dagingnya tipis atau rasanya zonk alias hambar.

Nah jika kamu ingin membeli durian, simak deh tips-tips berikut ini agar kamu tak kecewa.

1. Cium Aromanya

Tips pertama saat akan membeli durian adalah dengan mencioum aromanya. Durian dengan aroma harum akan memiliki daging yang kuning dan manis.

Untuk mencium aroma tersebut, kamu tidak perlu membelahnya. Cukup angkat durian dan dekatkan ke hidung dengan hati-hati.

Durian yang bagus akan menebarkan aroma khas meskipun belum dibelah atau disayat.

2. Pilih Bentuk Durian Yang Bulat

Cara berikutnya saat memilih durian adalah memperhatikan bentuknya. Menurut beberapa penjual, durian yang berbentuk bulat memiliki daging yang lebih banyak dan lebih tebal. Sedangkan durian yang bentuknya lonjong memiliki daging yang lebih sedikit.

3. Berat Durian

Mungkin banyak orang yang berpikir semakin berat durian berarti isinya semakin banyak dan akhirnya memilih buah durian yang berat.

Namun ternyata sob… semakin berat durian maka bijinya semakin besar bukan dagingnya.

Jadi jika ingin memilih buah durian, pilihlah yang bobotnya ringan. Karena itu bisa jadi pertanda buah tersebut matang dan bijinya kecil sehingga dagingnya tebal.

4. Perhatikan Tangkainya

Selanjutnya jika ingin memilih durian perhatikan juga tangkainya. Jika durian tersebut memiliki tangkai yang tebal dan pendek menunjukkan daging buahnya tebal dan banyak. Tapi jika tangkainya ramping dan panjang itu pertanda daging buah tersebut sedikit dan tidak terlalu tebal.

5. Cek Juga Bunyinya

Mengetahui durian yang matang atau belum bisa dilihat dari bunyinya lho…

Saat kamu akan membeli durian mintalah sama penjualnya untuk mengetuk-ngetuk buah durian tersebut dengan pisau.

Jika suaranya plek-plek artinya durian tersebut belum matang. Tapi jika berbunyi bluk-bluk bisa dipastikan durian tersebut sudah matang. Namun jika suaranya serasa seperti rongga itu menunjukkan bahwa durian sudah tak segar lagi.

6. Bentuk Durinya

Cara berikutnya dalam memilih durian adalah dengan memperhatikan bentuk durinya.

Jika durian memiliki bentuk duri pendek dan jarang, biasanya dagingnya tebal dan rasanya manis. Tapi jika durinya panjang dan rapat, siap-siap saja mendapat durian dengan daging yang sedikit.

7. Hindari Membeli Durian Yang Kulitnya Terbuka

Saat membeli durian biasanya banyak yang cenderung memilih durian yang sudah terbuka kulitnya. Mereka berpikir bahwa membeli durian yang sudah terbuka agar dapat melihat warna dagingnya.

Padahal kulit durian yang terbuka meskipun kecil akan membuat daging durian terkena angin dan membuat rasanya menjadi hambar.

8. Jangan Berpatokan Pada Warna

Nah saat kamu membeli durian, sebaiknya jangan terpaku pada warna kulit. Sebab warna kulit tidak menjamin rasa manis durian.

Biasanya ada 3 warna durian yang sering kita temui yaitu hijau, kuning, dan coklat.

Nah kulit durian yang berwarna hijau tak selamanya belum matang, karena bisa jadi memang warna khas jenis durian tersebut. Sedangkan warna yang coklat sudah sangat matang.

9. Perhatikan Musim

Waktu terbaik untuk memilih durian sebenarnya adalah saat musim panas. Karena durian yang dipanen saat musim hujan bisanya memiliki daging buah yang tidak terlalu manis.

Nah jika kamu ingin menikmati durian yang dagingnya manis dan legit, belilah durian saat musim kemarau.

10. Lihat Juring Atau Ruangnya

Setiap durian pasti memiliki juring atau ruang. Nah jika kamu melihat juring durian berjumlah 5 dari atas permukaan, siap-siap deh menikmati durian yang manis dan tebal.